Ogre
3D singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine, merupakan engine
untuk rendering grafikal yang Open Source. Ogre ini bersifat hanya sebagai
plug-in yang ditanam umum menambahkan library-nya yang merupakan sebagai
pprender yang tangguh dan banyak orang bilang ini sebagai game engine.
Berdasarkan FAQ (Frequently Asked Question) dari Ogre 3D wiki, Ogre sebenarnya
bukan game engine tetapi hanya merupakan graphic engine. Namun, Ogre 3D dapat
dengan mudah disatukan dengan library lain untuk membuat game. Dibuat oleh
beberapa orang dari tim dari sebuah komunitas. Para developernya :Steve
‘sinbad’ Streeting, Brian ‘praetor’ Johnstone, Assaf Raman, dll. Ogre ini dapat
dijalankan menggunakan beragam jenis hardware (support 3D) tentu dengan
performa yang berbeda juga. Library Graphic yang dapat bekerja dengan Ogre
disarankan menggunakan minilan OpenGL ES 1.1. Dalam menjalankan Ogre harus
memiliki dasar pemograman yang pastinya dimiliki seorang Programmer. Terutama
pengetahuan dalam penggunaan bahasa C++ akan memberikan kemudahan dalam
penggunaan Engine Ogre. Sesuai tipe Ogre yang Object Oriented, dalam
penggunaannya Ogre harus menggunakan Language Binding. Beberapa diantaranya :
Phyton-Ogre(Ogre Wrapper dengan Phyton), Ogre4j(Ogre Wrapper dengan Java),
MOGRE(Ogre Wrapper untuk .NET-C# dan VB.NET.
Library yang dibutuhkan agar kita dapat membuat game
diantaranya : sound, networking, input, collision. Ogre tidak langsung dimuat
dengan library tersebut. Meskipun Ogre memiliki interface yang memudahkan
pembuatan dan penggabungan dengan aplikasi yangs udah ada, Ogre tidak hanya
terhenti dengan platform spesifik berdiri sendiri untuk pembuatan game. Format
file yang support dengan Ogre 3D : .bsp Quake bsp filem, .shader Quake 3 shader
file, .ttf True type font file, .png, .tga, .jpg, .raw, .gif, .dds(format
grafis gambar), .cg Cg shader file, .asm Assembly shader file, zip, xml XML
file, .xsd XML schema file, .log Tect input file used utnuk debug dan memori.
Sejarah singkat Ogre 3D :
·
Tahun 1999
Sinbad mulai merencakan
proyek library baru yang dapat menjadi API dan berdasarkan Platform.
·
25 Februari 2000
Sourceforge project didaftarkan,
OGRE menjadi namanya
·
Mei 2006
Ogre 1.2 “Dragon”
dirilis secara official.
·
25 Maret 2007
Ogre 1.4 “Eithor” rilis
secara official
·
28 Agustus 2008
Ogre 1.6 “Shoggoth” rilis secara
official (versi 1.6.6 Stable Realease).
Fitur-fitur
pada OGRE
1. Desain
yang object oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan
fitur lainnya.
2. Engine
berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree,
BSP dan Paging Landscape scene manager.
3. Multi-platform
dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda
platform tanpa harus mempunyai konten creator. Dapat diakses pada platform
Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
OGRE mendukung
program Vertex dan Fragmen selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, assembler, dsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar